Gejala Awal Penyakit Ginjal

Gejala Awal Penyakit Ginjal

Gejala Awal Penyakit GinjalGinjal adalah sepasang organ saluran kemih yang terletak pada rongga belakang usus agak atas, berbentuk seperti kacang dengan sisi cekungnya menghadap ke arah sumbu tengah tubuh. Pada sisi yang menghadap ke sumbu tubuh tersebut terdapat hilus ginjal, yaitu tempat masuknya pembuluh darah, pembuluh limfa dan ureter yang masuk dan keluar dari ginjal.

Ginjal ini merupakan salah satu organ terpenting bagi tubuh manusia yang orang normalnya memiliki sepasang ginjal di sisi kiri dan kanan tubuhnya. Ginjal berfungsi untuk menyaring darah yang mengalir dari seluruh tubuh. Dari penyaringan inilah ginjal akan memisahkan racun dan mengontrol keseimbangan tubuh. Darah yang telah disaring akan keluar dari tubuh dalam bentuk urine.

Organ penting ini bisa mengalami kerusakan yang menyebabkan fungsi ginjal menjadi menurun dan dapat menimbulkan komplikasi. Kebanyakan orang akan mengetahui dirinya terkena penyakit ginjal saat sakit ginjal telah memasuki tahap kronis. Oleh karena itu, Penting untuk mengenali gejala awal penyakit ginjal, agar tidak terlambat dalam menanganinya.

Gejala Awal Penyakit GinjalGejala Awal Penyakit Ginjal

Terkadang gejala awal munculnya penyakit ginjal tidak benar benar disadari bahkan tidak muncul hingga pada akhirnya fungsi utama ginjal akan menghilang. Oleh karena ini perlu anda ketahui Gejala Awal Penyakit Ginjal sejak dini, agar anda bisa segera konsutasi ke dokter apabila anda merasakan gejala-gejala seperti di bawah ini

  • Gatal Yang Ekstrim

Gejala dari penyakit ginjal yang sering muncul yaitu merasakan rasa gatal di seluruh tubuh atau di beberapa bagian tubuh. Rasa gatal tersebut akan berlebihan atau rasa gatal begitu ekstrim. Rasa gatal tersebut juga bukanlah gatal yang wajar seperti kena ulat. Jika gatal karena kena ulat bisa mudah hilang. Sedangkan gatal pada penyakit ginjal akan ada setiap harinya.

Ciri lain dari gatal karena penyakit ginjal, gatal tersebut akan mudah berdarah jika digaruk meski dengan garukan yang ringan. Sehingga pendarahan kulit bisa terjadi. Rasa gatal bisa muncul di seluruh tubuh, namun pada wanita kebanyakan rasa gatal itu di bagian tangan, pergelangan tangan dan juga kaki.

  • Sulit Bernafas

Ciri lain dari penyakit ginjal adalah penderita akan sulit bernafas atau merasakan sesak nafas. Penyebab penderita ginjal menjadi sulit bernafas dikarenakan penumpukan cairan di dalam tubuh. Ginjal memiliki fungsi untuk membuang cairan sisa metabolisme berupa urin. Karena fungsinya terganggu, cairan hasil sisa metabolisme tersebut tidak keluar semuanya sehingga cairan itu akan menumpuk di dalam tubuh.

Penumpukan cairan biasanya terjadi pada paru-paru, hal ini akan membuat penderita ginjal sulit bernafas. Seharusnya organ paru-paru berisi udara, namun pada penderita ginjal paru-paru justru berisi cairan sisa metabolisme. Jika cairan memenuhi rongga paru-paru akibatnya penderita ginjal akan mengalami sesak nafas yang akut.

  • Anemia

Paru-paru adalah organ yang membutuhkan oksigen. Jika pasokan oksigen yang masuk ke dalam tubuh berkurang gara-gara kinerja paru-paru yang terganggu bisa membuat penderita ginjal mengalami anemia. Sel darah merah akan berkurang sebab pasokan oksigen yang sedikit di dalam tubuh.

  • Memiliki Nafas Pendek-Pendek

Pada manusia normal menghirup udara dan mengeluarkan udara di dalam tubuhnya bisa dengan jangka waktu sekitar 3 detik.  Namun pada penderita ginjal, menghirup udara dan mengelurakan udara membutuhkan waktu kurang dari 3 detik sehingga dia cenderung memiliki nafas yang pendek-pendek.

  • Mudah Merasa Pusing

Jika anda mudah pusing bisa jadi anda sedang terkena anemia, anemia merupakan salah satu tanda penyakit ginjal meski tidak semua anemia berujung pada penyakit ginjal. Namun anda perlu waspada jika anda menderita anemia dan merasakan gejala penyakit ginjal lainnya. Pusing tersebut disebabkan oleh kurangnya oksigen yang mengalir ke otak. Oksigen yang kurang juga membuat sel darah merah sedikit. Jika sel darah merah di kepala atau otak sedikit akibatnya penderita ginjal akan merasakan pusing yang tak kunjung sembuh.

  • Cepat Lelah

Kurang sel darah merah dan oksigen di dalam tubuh akan membuat penderita ginjal mudah lelah. Alasannya adalah oksigen sangat diperlukan oleh tubuh dalam pemecahan makanan menjadi  energi. Jika oksigen yang ada di dalam tubuh sedikit akibatnya adalah makanan yang dipecahkan menjadi energi pun hanya sedikit. Kekurangan energi di dalam tubuh bisa menyebabkan penderita ginjal menjadi mudah lelah dan lemas.

  • Tidak Bisa Konsentrasi

Pada penderita ginjal akan mengalami Gejala Awal Penyakit Ginjal yaitu sulit sekali untuk konsentrasi. Bahkan untuk waktu yang sebentar saja dia tidak bisa untuk konsentrasi. Sulit konsentrasi itu disebabkan oleh anemia yang diderita oleh penderita ginjal. Asupan oksigen yang tidak cukup atau sedikit dan juga sedikitnya sel darah merah di otak membuat penderita penyakit ginjal sulit untuk melakukan konsentrasi.

  • Sakit Di Sekitar Pinggang

Orang yang menderita penyakit ginjal akan merasakan sakit pinggang meski tidak beraktivitas menggunakan otot. Penyebab sakit pinggang dan rasa nyeri bisa muncul karena batu ginjal yang terjebak di saluran kemih atau ureter. Batu ginjal tersebutlah yang menyebabkan rasa nyeri berada di pinggang. Pada batu ginjal yang ukurannya semakin membesar, rasa nyeri pada pinggang akan sering terasa. Sakit pinggang sering kambuh dan hilangnya bisa berhari-hari atau berminggu-minggu.

  • Hormon Terganggu

Orang yang menderita sakit ginjal akan memiliki ginjal yang tidak berfungsi sehingga kinerja ginjal tidak maksimal. Ginjal memiliki fungsi untuk memproduksi hormon. Fungsi ginjal yang menurun bisa membuat gangguan hormon. Gangguan hormon itu bisa mengakibatkan hormon pembuat tekanan di dalam darah meningkat sedangkan hormon-hormon lainnya menurun.

  • Urin Berkurang

Fungsi ginjal yang berkurang bisa menyebabkan seseorang memiliki urin yang berkurang. Hal itu dikarenakan ginjal tidak mampu mengeluarkan cairan sisa metabolisme berupa urin dengan sempurna, sehingga urin yang dikeluarkan akan  cenderung sedikit. Sisa urin yang tidak dikeluarkan tersebut akan menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan komplikasi kesehatan salah satunya adalah sesak nafas.

  • Urin Berlebihan

Ginjal bisa diberatkan dengan insulin pada penderita diabetes. Akibatnya adalah orang yang menderita diabetes dan didiagnosa terkena sakit ginjal akan sering buang air kecil terutama saat malam hari. Hal itu dikarenakan ginjal tidak mampu menahan ekresi manusia berupa urin tersebut.

  • Urin Berwarna Keruh

Ciri lainnya seseorang terkena infeksi ginjal adalah orang tersebut memiliki urin yang berwarna keruh. Bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh manusia bisa menginfeksi ginjal sehingga fungsi ginjal untuk menyaring urin tidak bisa dilakukan. Urin yang bisa disaring ginjal ketika dikeluarkan warnanya bening sedangkan saat ginjal tidak mampu menyaring urin dia akan mengeluarkan urin dengan warna keruh. Warna urin yang keruh bisa cokelat seperti minuman soda dan merah darah.

  • Demam

Orang yang menderita infeksi ginjal akan merasakan demam ringan di tubuhnya. Demam bukanlah suatu penyakit namun demam merupakan gejala suatu penyakit. Orang yang sakit ginjal bisa ditandai dengan demam yang tidak kunjung sembuh meski diberikan obat penurun demam. Penyebab demam itu adalah bakteri yang masuk ke dalam tubuh manusia sedang berusaha menyerang sistem imun. Sistem imun yang tidak mampu menangkalnya akan memberikan reaksi terhadap virus atau bakteri itu berupa demam.

  • Nafsu Makan Berkurang

Penderita ginjal akan memiliki nafsu makan yang berkurang hal itu dikarenakan rasa tidak nyaman di dalam perutnya dan juga di anggota tubuhnya. Penderita ginjal merasa tidak nyaman jika kondisi perut yang tidak nyaman terisi dengan makanan. Jika sudah begitu, berat badan penderita ginjal akan menurun dengan drastis. Penderita ginjal akan mengurus dalam waktu yang singkat.

  • Sering Kram Parah

Orang yang menderita ginjal bisa terkena kram otot parah, penyebabnya adalah penumpukan cairan di dalam tubuh menyebabkan otot-otot atau syaraf di dalam tubuh beraksi salah satunya dengan cara kram tersebut.

  • Sulit Tidur

Sulit tidur disebut dengan insomnia, jika anda sering merasakan sulit tidur dikarenakan sesak nafas dan kondisi perut yang tidak enak bisa jadi sulit tidur tersebut merupakan gangguan yang disebabkan oleh penyakit ginjal. Banyak sekali yang menyebabkan mengapa seseorang menjadi sulit tidur salah satunya adalah penyakit ginjal.

  • Tekanan Darah Tinggi

Radang ginjal bisa menyebabkan seseorang terkena darah tinggi. Jika sebelumnya anda belum pernah memiliki riwayat darah tinggi kemudian tiba-tiba darah anda tinggi dan anda merasakan gejala-gejala sakit ginjal bisa jadi anda terkena penyakit radang ginjal. Hal itu dikarenakan penyempitan pembuluh darah pada penderita ginjal yang juga memiliki penyakit diabetes.

  • Susah Buang Air Kecil

Orang yang terkena batu ginjal akan measakan kesusahan ketika buang air kecil. Batu ginjal yang sudah berukuran besar akan menghambat saluran kecing sehingga menimbulkan kesulitan atau kesusahan ketika berkemih. Batu ginjal juga bisa menyerang ibu hamil. Ibu hamil yang seharusnya sering kecing saat usia kehamilannya telah besar justru akan merasakan sulit buang air kecil.

  • Memiliki Pertumbuhan Yang Pelan

Penyakit ginjal tidak hanya menyerang orang tua dan orang dewasa saja, penyakit ginjal juga bisa diderita oleh anak-anak. Anak-anak yang menderita penyakit ginjal akan sulit sekali untuk tumbuh dan berkembang. Ginjal merupakan organ vital yang bisa mendukung pertumbuhan anak-anak dan juga bayi.

  • Kadar Albumin Menurun

Penyakit ginjal bernama albuminuria menyebabkan kadar albumin di dalam darah menjadi menurun. Hal itu dikarenakan fungsi ginjal yang menurun menyebabkan molekul abumin dan juga protein lain berada di dalam urin. Akibatnya kadar albumin pun menjadi menurun. Alat filtrasi pada ginjal yang rusak tersebut juga menjadi penyebab mengapa albumin menjadi menurun.

  • Pucat

Produksi sel darah merah yang sedikit di dalam tubuh bisa menyebabkan memiliki kulit tubuh yang pucat. Coba lihat telapak tangan anda, apakah telapak tangan anda berwarna pucat atau kemerah-merahan. Jika telapak tangan anda pucat bisa jadi anda sedang terkena anemia.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Apabila anda merasakan salah satu bahkan lebih dari Gejala Awal Penyakit Ginjal diatas, alangkah baiknya anda segera konsultasikan ke dokter untuk memastikan gejala tersebut dan mencegah penyakit tersebut agar tidak menjadi semakin parah.

Sebelum ginjal anda bermasalah atau sebelum kondisi ginjal semakin memburuk, tentu tidak ada salahnya untuk terus menjaga kesehatan ginjal dengan beberapa cara berikut ini :

  1. Minum cukup air mineral.
  2. Hindari minuman beralkohol dan merokok.
  3. Perhatikan berat badan anda.
  4. Memakan makanan yang sehat agar ginjal tetap berfungsi dengan normal.

Tidak ada bagian tubuh kita yang tidak penting untuk dijaga kesehatannya termasuk juga dengan ginjal. Organ yang satu ini juga tidak kalah pentingnya dengan hati dan jantung, jadi selalu jaga kesehatan organ ini dengan baik agar anda dapat terhindar dari penyakit ginjal. Kenali jugaGejala Awal Penyakit Ginjal di atas, agar apabila anda terkena penyakit ginjal, anda bisa mengatasinya sedini mungkin.

Baca Juga : Cara Mengobati Gagal Ginjal Akut Dan Kronis Secara Alami

~~~ Terimakasih Telah Berkunjung, Salam sehat ~~~

By Post. Gejala Awal Penyakit Ginjal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *